+6285335256481 admin@ishicentre.com

Konsep Pikiran Bawah Sadar akan banyak saya jelaskan di dalam training saya dan untuk konsep awalnya saya akan memberikan penjelasan sederhana dengan contoh berikut ini.

Pernah Berjalan kaki tentunya kan ? Nah saat berjalan kaki, siapa yang dari antara kita yang masih memikirkan yang dilangkahkan duluan itu kaki kiri atau kanan. Trus berapa centimeter langkah kaki yang harus saya lakukan. Apakah anda melakukannya ? Tentu Saja tidak. Itu semua seperti cara kerja otomatis di pikiran kita, tanpa kita sadari sepenuhnya. Hal ini terjadi karena adanya proses pembelajaran atau informasi yang kemudian diolah menjadi sesuatu yang bersifat otomatis bagi diri kita.

Untuk memudahkan prosesnya, lihat cara kita belajar mengendarai sepeda, motor ataupun mobil (atau pesawat bagi anda yang pernah mengendarainya). Pada saat percobaan pertama, bagaimana rasanya ? tentu saja, takut jatuh, takut salah, grogi, suka panik (rem mana, gas mana, kopling mana, dll). Itu semua disebut dengan yang namanya informasi atau pembelajaran. Kemudian kita melakukannya berulang-ulang atau disebut dengan repetisi, nah pembelajaran berulang-ulang (kadang membuat jatuh, sakit, luka, dsb) membuat kita semakin mahir mengendarainya.

Setelah Mahir ? tentu saja anda seperti tidak berpikir keras lagi. Yah mirip bagaimana anda berjalan. Bagaimana anda berjalan dan bagaimana anda bisa mengendarai motor atau mobil merupakan suatu pembelajaran dari level conscious (sadar) menuju sub-conscious (bawah sadar). Jika anda sudah bisa melakukannya secara otomatis, seolah-olah tanpa dipikirkan sama sekali, artinya, anda telah melakukan kegiatan tersebut dengan menggunakan pikiran bawah sadar anda.

Andi Mahdi Sahdani (Coach Sahdani AM)

Founder & Master Instructor of Indonesian Scientific Hypnotherapy Institute (ISHI CENTRE)